Connect with us
thorragnarok

The Revenant Movie Review:  A Well-Driven Survival Story With Captivating Wild Force of Nature and Firm Need to Avenge

The Revenant Movie Review
20th Century Fox

REVIEWS

The Revenant Movie Review:  A Well-Driven Survival Story With Captivating Wild Force of Nature and Firm Need to Avenge

This review may contain mild spoilers

(4.5/5) 4.5 Stars

Sinkron dengan apa yang kami kemukakan di ulasan trailer beberapa waktu lalu, Alejandro González Iñárritu (Babel, Biutiful, Birdman) menghadirkan The Revenant sebagai karya visual indah, megah, intens, dan  tragis, tanpa banyak bicara. “I like quiet.”, ujar seorang Hugh Glass.

Sinematografi indah dengan dialog minim menjauhkan The Revenant dari hingar bingar yang tak perlu agar fokus menyampaikan pesan filmnya tepat sasaran. Dan poin tambahannya, di balik-balik strategi jitu ini, tersimpan kisah nyata bertahan hidup seorang Glass yang begitu sulit.

Khusus The Revenant, saking penasaran, kami memutuskan lebih dulu membaca novel karya Michael Punke tersebut sebelum akhirnya berkesempatan menyaksikan filmnya kemarin. Dan beruntung, adalah Iñárritu yang menangani proyek adaptasi ini, sehingga interpretasi visual yang kami saksikan menggambarkan berbagai aspek termasuk kesulitan dan kengerian sama seperti yang kami baca.

The Revenant dibuka dengan pemandangan indah namun sedih Glass dan keluarganya yang dibantai oleh para pemburu binatang Prancis pada tahun 1823. Tak mau berlama-lama, The Revenant pun membawa kami memasuki momen penting pertamanya, momen di mana Glass diserang dan dicabik-cabik seekor beruang Grizzly hingga tak berdaya.

Momen-momen penting selanjutnya pun bergulir satu per satu. Diiringi sorotan drama seputar status putra Glass yang berdarah suku Indian bernama Hawk (Forrest Goodluck) dan konflik Glass dengan seorang rekan licik bernama John Fritzgerald (Tom Hardy), seketika kami sadar bahwa dilema Glass bukan hanya sebatas fisik namun juga batin luar biasa.

The Revenant Movie Review

Unlike the Usual Leonardo DiCaprio

DiCaprio betul-betul tak seperti dirinya di film ini sehingga wajar jika totalitasnya menyelami karakter Glass perlu diapresiasi. Lebih jauh lagi, apresiasi lebih tinggi (baca: lebih dari The Aviator (2005), Blood Diamond (2007), dan The Wolf of the Wall Street (2014)) perlu diberi karena aktor berusia 41 tahun ini sungguh keluar dari zona nyamannya.

Bukan melakoni seorang pria manis berkata-kata, bukan pula seorang pemimpin yang dihormati bawahannya, apalagi seorang yang pintar bersilat lidah meliciki sesamanya, DiCaprio malah berlatih giat bagaimana agar tampil meyakinkan sebagai anak manusia yang hidupnya bergantung pada dan ditentukan oleh alam.

Sepanjang film, kami dibuat miris dengan detail perjuangan hidup Glass yang dengan baik dijiwai DiCaprio. Bertahan dengan kondisi daging tubuh terkoyak, menjelajah hutan merangkak sejauh 200 mil, hingga memakan daging bangkai hewan mentah, we got it enough already.

Well ya … deskripsi beberapa adegan menyayat hati di atas secara otomatis juga menggambarkan betapa vulgar penggambaran derita Glass di sini. MuviBlaster yang tak tahan melihat percikan darah apalagi kondisi tubuh ekstrem, kemungkinan akan sulit duduk tenang menyaksikan. We warned you already.

Not Exactly the True Event

Walau digadang-gadang berdasarkan kisah nyata seorang Glass, faktanya ada beberapa dramatisasi di sini. Pertama, menurut catatan fakta hidup Glass, ia tidak pernah memiliki seorang istri. Kedua, ia pun tak memiliki seorang putra bernama Hawk itu. Ketiga, otomatis Glass tak pernah menyimpan dendam apalagi berniat membunuh Fitzgerald seperti yang digambarkan filmnya.

Menariknya, terlepas fakta-fakta berbeda di atas, dalam filmnya, ketiga karakter ini justru menjadi karakter sentral yang menyebabkan Hugh Glass memiliki semangat hidup tinggi walau tubuhnya sudah habis dikoyak seekor beruang Grizzly. Berkat bimbingan spiritual sang istri serta tekad membalaskan dendam Hawk, Glass bisa bertahan begitu kuat hanya demi mengejar seorang Fritzgerald hingga akhir cerita.

The Revenant Movie Review

Strong Supporting Cast

Bukan hanya ada nama Iñárritu dan DiCaprio, The Revenant juga memasang nama-nama lain yang tak kalah cemerlang. Bahkan sahabat DiCaprio di dunia nyata, Tom Hardy (Inception, Locke, Mad Max: Fury Road) menampilkan kualitas akting tak kalah prima sebagai satu-satunya karakter (baca: Fitzgerald) yang sepanjang film mampu mengintimidasi Glass.

Domhall Gleeson (Ex-Machina, Star Wars: Episode VII – The Force Awakens) juga sukses bermain menjadi kapten Andrew Henry yang bijaksana, yang menjadi alasan utama Glass bisa tetap hidup secara fisik. Will Poutler (Plastic, The Maze Runner) yang tergolong aktor junior juga mampu memainkan ekspresi seorang Jim Bridger yang berhati baik namun juga pengecut. Interaksinya dengan Hardy juga meyakinkan, mengingat keduanya memiliki cara pandang jauh berbeda namun memiliki naluri bertahan hidup yang sama.

The Revenant Movie Review

Oscar Winning Prediction

Prediksi kemenangan The Revenant kami nilai cukup tricky di sini karena sebenarnya di luar kisahnya yang menguggah dan interpretasinya yang luar biasa indah oleh Iñárritu, The Revenant tidak memiliki konten cerdas atau minimal dekat dengan realita modern. Kisahnya klasik dan filosofis, namun dari sudut pandang tertentu saja. Hanya karena pesaing Best Picture-nya tidak mampu menyaingi kemegahannya, kami prediksi The Revenant bisa menang.

Namun, berbeda dengan filmnya, DiCaprio justru kami nilai berpotensi membawa pulang piala akbar itu secara perdana. Dalam konteks The Revenant, DiCaprio bukan lagi mengeluarkan 100% kemampuannya, namun jauh-jauh kali lipat dari standar terbaiknya. DiCaprio sendiri mengakui bahwa film ini merupakan pengalaman akting tersulitnya, apalagi berada di bawah arahan Iñárritu yang sebenarnya temperamental serta medan syuting yang liar.


Director: Alejandro González Iñárritu

Cast: Leonardo DiCaprio, Tom Hardy, Domhnall Gleeson, Will Poulter, Forrest Goodluck

Duration: 156 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top