Connect with us
thorragnarok

The Secret Life of Pets Movie Review: Imaginative but True, This Movie Is Full of Insights All Masters Might Not Aware About Their Pets

The Secret Life of Pets Movie Review
Universal Pictures

REVIEWS

The Secret Life of Pets Movie Review: Imaginative but True, This Movie Is Full of Insights All Masters Might Not Aware About Their Pets

This review contain no spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Wajar jika banyak dari MuviBlaster teringat 1) Zootopia atau mungkin 2) Toy Story namun versi binatang. Namun jangan samakan film yang tengah kami ulas ini dengan yang pertama karena kisah dalam film produksi Illumination Entertainment ini jauh … jauh dari kesan sinis. Dan jangan harap Anda akan menangis haru seperti ketika menonton yang kedua karena The Secret Life of Pets berisi konten drama yang ringan, bahkan cenderung selalu riang gembira. Singkat kata, silahkan Anda membayangkan tengah menonton Minions namun dalam wujud beragam dan penuh warna; anjing mongrel raksasa berbulu coklat lebat, kucing kurus ala Pink Panther, hingga kelinci imut ganas berwarna putih bersih.

Seakan tak mau meninggalkan trademark Minions yang selalu riang gembira betapapun susahnya, para binatang dalam film besutan Chris Renaud (Despicable Me) ini pun demikian. Konflik binatang peliharaan vs binatang liar yang dialami kedua karakter utamanya; seekor anjing terrier kecil bernama Max (Louis C.K) dan seekor anjing mongrel raksasa bernama Duke (Eric Stonestreet), mengalir mulus tanpa beban. Bahkan, sepertinya kedua ekor anjing yang awalnya bermusuhan ini, sungguh menikmati yang namanya jauh meninggalkan rumah majikan.

Keduanya banyak belajar; belajar selamat dari seleksi alam dan belajar saling bersimpati. Bahwa ternyata nature setiap binatang inginnya disayang majikan. Namun ketika sang majikan pergi meninggalkan atau mungkin tidak mencari ketika binatang peliharaannya hilang, binatang tersebut merasa sakit hati. Secara tidak langsung, pesan moral inilah yang kami tangkap di sela-sela berbagai momen lucu sekaligus menggemaskan sepanjang film.

Sesuai judulnya, The Secret Life of Pets, fokus film ini adalah menguak rahasia para binatang peliharaan yang tak banyak diketahui majikannya. Apa yang terlihat di permukaan sebagai nakal dan tak bisa diatur sebenarnya adalah bentuk ekspresi mereka ketika merasakan sesuatu. Coba saja tengok Chloe (Lake Bell) yang menghabiskan isi kulkas karena lapar dan Sweet Pea (Tara Strong) yang  ber-Wii ria dengan TV karena ia bosan terbang dalam kandangnya. Ada juga Mel (Bobby Moynihan) yang hiperaktif, selalu tak bisa diam jika melihat tupai hingga Gidget (Jenny Slate) yang terang-terangan menyukai Max. Adalah bahasa tubuh sebagai pengganti kata-kata yang tak bisa mereka ucapkan, yang membuat para binatang ini kadang-kadang terlihat liar di mata manusia.

Pengisi Suara Pas

Salah satu faktor yang membuat The Secret Life of Pets menarik adalah para pengisi suaranya yang pas. Mulai dari suara imut-imut centil Gidget hingga suara berat seekor kelinci kecil yang ternyata adalah seorang bos gangster. Alhasil, kekocakan pun terjadi, terutama ketika mereka tengah mengucapkan kalimat-kalimat yang jitu konyolnya.

Namun dari semua suara, suara Lake Bell yang mengisi suara karakter kucing tabby gemuk bernama Chloe yang paling membuat kami gemas. Pertama, dengan gelagat makannya yang rakus dan tanpa suara, awalnya kami sempat mengira Chloe adalah kucing jantan. Baru ketika ia bersuara dan menunjukkan bahasa tubuh feminin, kami ngeh kalau Chloe adalah kucing betina. Sempat pula kami kepikiran kalau Chloe adalah si Matilda-nya Angry Birds. Memiliki emosi tak stabil, hormon makan yang ganas, namun menunjukkan sikap bijak ketika diperlukan, rasa wajar jika Chloe disebut Mama-nya para Pets.

Dan bagi yang penasaran siapa pengisi suara berat si kelinci gangster, Kevin Hart-lah (Get Hard, The Wedding Ringer, Central Intelligence) orangnya. Suara Hart yang selalu bersemangat, jika tak terdengar memprovokasi, memang pas untuk menyuntikkan kegilaan dalam karakter Snowball. Ya … Snowball memang menggila pasca disulap hilang (baca: sengaja ditinggalkan) oleh majikannya yang adalah seorang pesulap. Misinya hanya satu yakni menghancurkan ras majikan (baca: manusia). Ia bahkan merekrut para binatang peliharaan lain yang terbuang alias dan menerapkan upacara inisiasi yang mengerikan.

The Secret Life of Pets Movie Review

Ide Simple Nan Efektif

Sebenarnya, ini bukan kali pertama sebuah film mengisahkan andai para binatang bisa bicara. Sebelumnya, sudah ada Beethoven dan 101 Dalmatians yang klasik hingga Stuart Little dan trio Chipmunks yang modern. Bahkan sejak dulu, film kartun animasi selalu menampilkan karakter binatang yang bisa bicara. Namun pembeda jelasnya, para binatang di berbagai film ini ini diberi konflik sekaligus penyelesaian yang terlampau imajinatif sehingga gerak gerik mereka pun terlihat lebih mirip manusia, ketimbang binatang.

Sehingga ketika The Secret Life of Pets hadir dengan ide membayangkan apa yang para binatang peliharaan lakukan ketika para majikannya tidak ada di rumah, ide ini kami nilai brilian karena begitu simple, realistis, dan down to earth. Walau eksekusinya tidaklah spesial namun ide ini menempatkan binatang sebagai binatang, membuat kami pun penasaran mencari tahu apa yang dilakukan para anjing, kucing, marmut, dan teman-temannya ketika sedang mengisi waktu luang di rumah. Apa mereka yang malas alias duduk tidur diam tak bergeming masuk kategori binatang peliharaan baik dan manis AKA jinak? Atau justru mereka yang saking kreatifnya membuat seisi rumah berantakan masuk kategori nakal dan kurang ajar AKA liar?

The Secret Life of Pets Movie Review

Plotnya cenderung standar. Max dan Duke tidak sengaja terseret jauh dari apartemen majikan mereka tinggal. Mereka ditangkap polisi patroli binatang liar hingga akhirnya membuat kesepakatan berbahaya dengan Snowball. Mereka yang awalnya bermusuhan, mau tak mau, harus bahu membahu mencari jalan pulang.

Mudah ditebak, benih-benih persahabatan di antara keduanya tumbuh, dan jalan pulang yang dicari itu muncul. Namun kami ingatkan, khusus film ini, janganlah MuviBlaster terlalu fokus pada plot dan ending-nya larena The Secret Life of Pets memberi terlalu banyak detail menghibur yang begitu sayang dianggap lalu. Tertawalah dengan puas menyaksikan tingkah demi tingkah para binatang yang terlihat abnormal di dunia nyata, but admit it … they’re true.


Director: Chris Renaud, Yarrow Chenney

Voice Cast: Louis C.K, Kevin Hart, Jenny Slate, Ellie Kemper, Eric Stonestreet, Steve Coogan

Duration: 87 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top