Connect with us

The Shallows Movie Review: Plotwise Caught in a Similar Deep S***, This Flick Escapes the Genre Stereotype

The Shallows Movie Review
Columbia Pictures

REVIEWS

The Shallows Movie Review: Plotwise Caught in a Similar Deep S***, This Flick Escapes the Genre Stereotype

This review contains no spoilers

(4/5) 4.0 Stars

Seekor hiu putih yang berukuran panjang rata-rata 7 meter mengepung Nancy Adams (Blake Lively) yang tengah bertahan sembari sekarat di atas sebuah batu karang berstatus rawan. Rencananya, Nancy akan berenang menuju sebuah pelampung besi yang berjarak sekitar 27 meter dari batu karang tersebut. Pertanyaannya, bagaimana cara Nancy mengakali si hiu alias memberikan dirinya sendiri waktu berenang sejauh rencananya itu? Apalagi jika diperhatikan lebih seksama, ukuran panjang hiu putih ini lebih dari rata-rata-nya. A deep s***, let’s name it.

Well … sejak awal menonton trailer The Shallows, situasi di ataslah yang membuat kami begitu antusias. Secara logika tidak sejauh itu, namun bagi Nancy, jarak ini bagaikan bumi dan langit. Dan satu-satunya cara adalah membedah situasi ini, mengeluarkan segala kemungkinan, walau ujung-ujungnya solusi yang dicari itu lebih mirip jalan buntu. Strategi yang sebenarnya standar dalam sebuah survival movie namun diberi bumbu-bumbu horor dan gore dengan kadar pas, lengkap dengan Lively (Green Lantern, The Age of Adaline) yang secara mengejutkan sangat menjiwai perannya ini.

The Shallows Movie Review

Mirip sang suami (baca: sebelum Deadpool (2016) dan terutama gara-gara Green Lantern (2011) yang tak termaafkan itu), status Lively sebagai aktris masihlah underrated. Namun dalam konteks The Shallows, kami tidak terlalu mempermasalahkannya. Bukan masalah jam terbang Lively yang belum tinggi di layar lebar, namun lebih kepada peran Nancy ini memang pas dengan perawakan dan auranya.

Cantik, seksi, dan untungnya atletis, secara fisik, besar kemungkinan Nancy selamat. Namun apakah mentalnya tahan menjadi korban Cast Away baru di sebuah pantai antah berantah? Diplot sebagai seorang mantan mahasiswi kedokteran yang tengah mengalami pergumulan batin pasca ditinggal mati sang ibu, Nancy pergi menghilang, mencari ketenangan di sebuah pantai tak bernama. Ketika ia diserang si hiu hingga akhirnya mengalami robekan kulit cukup dalam, ia tahu bagaimana caranya mengurangi pendarahan. Namun, berapa lama Nancy bisa bertahan? Berharap bantuan akan segera tiba, yang terjadi, Nancy justru jadi Chuck Noland versi wanita. Sounds boring?

Same Formula. No Boring Side Effect

Selain strategi standar yang dibuat terlihat spesial, The Shallows juga menerapkan formula sama, namun jauh dari kesan bosan. Seperti yang kami kemukakan di atas, Nancy lebih mirip Chuck Noland versi wanita. Sama-sama terdampar, namun dengan situasi kurang menguntungkan, Nancy diberi sidekick, seekor burung camar yang bernoda darah. Lebih jauh lagi, Nancy juga menerapkan berbagai strategi bertahan hidup walau seadanya, termasuk memakan daging mentah seekor kepiting yang baru ia bunuh.

Walau memiliki banyak kesamaan, menariknya, kami tak merasa adanya pengulangan berarti. Alur film ini terasa wajar, bahkan mengandung ketegangan yang terasa begitu nyata, membuat kami pun seringkali merasa ngeri dan miris melihat situasi Nancy yang apes ini.

Jaume Collet-Serra (Orphan, House of Wax) tergolong memberikan The Shallows cukup banyak efek kejutan dalam ruang durasi singkat dan jarak meter yang pendek ini, memberi tanda bahwa pengarahannya fokus pada one-woman show Lively namun tetap memberi porsi untuk si hiu dan lautan luas yang menjadi latar kisahnya. Singkat kata, The Shallows sukses menjadi sebuah shark movie yang keluar dari stereotipe genre-nya.

Beautiful as Well as Thrilling

The Shallows Movie Review

Kami tak bisa bilang “Tidak!” jika diajak ke pantai seindah milik The Shallows. Begitu Nancy tiba di pantai tersebut, hamparan air laut jernih yang indah di siang hari, sudah menyambut. Bagaikan seekor burung yang sedang terbang tinggi di angkasa, puas kami menerawang kedalaman laut ini dari atas. Dan bagaikan seekor ikan, puas sekali kami menikmati adegan selam menyelam Lively yang di-shoot secara artistik di bawah ombak yang menghantam deras.

Ya … maksud kami, paling tidak, jika MuviBlaster takut tidak bisa menikmati elemen menegangkan yang disodorkan The Shallows, paling tidak Anda bisa memanjakan mata dengan pemandangan airnya. Dan film ini pun memberikan pemanasan yang cukup lama, terutama bagi para Anda penggemar si cantik Lively. And suddenly we feel that need for water adventure.


Director: Jaume Collet-Serra

Cast: Blake Lively, Oscar Jaenada, Brett Cullen, Sedona Legge

Duration: 87 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

COMING SOON

thorragnarok

To Top