Connect with us
thorragnarok

Trolls Movie Review: Light and Fun, We’re Watching as Happy as the Trolls Singing

Trolls Movie Review
20th Century Fox

REVIEWS

Trolls Movie Review: Light and Fun, We’re Watching as Happy as the Trolls Singing

This review may contain mild spoilers

(3.5/5) 3.5 Stars

Rasanya tak pernah salah jika film animasi dengan tone penceritaannya yang jenaka dijadikan sebuah instrumen visual untuk menyelesaikan problem kehidupan serius. Terkait Trolls, film yang mengangkat sosok makhluk mini mirip kurcaci namun dengan rambut gulali warna-warni, mengangkat problem kebahagiaan dalam diri yang sulit dicari. Bahwa ketika melihat kaum Trolls hidup senang tanpa beban sepanjang hari, kaum Bergen di atas sana jadi iri setengah mati. Alhasil, kaum Bergen pun berbondong-bondong memburu kaum Trolls untuk dijadikan santapan, yang dipercaya dapat membawa kebahagiaan mendarah daging.

Namun, kisah yang awalnya nampak linear ini diberi sebuah konflik yang membuat kaum Trolls mau tak mau berkaca alias introspeksi. Apa iya mereka sungguh hidup bahagia, bahkan setelah menyadari bahwa kaum Bergen akan selalu mengancam keberadaan mereka? Kalau kaum Trolls sungguh hidup bahagia, mengapa ada Branch (Justin Timberlake), seorang Troll yang selalu saja sinis ketika mendengar Troll lain menyanyi, menari, apalagi berpelukan bak Teletubbies?

Well … jangan salahkan Branch karena sikap sinisnya beralasan. Sikap sinis Branch ini semakin memperlihatkan tajinya ketika seorang Bergen yang dahulu bekerja sebagai Koki Kerajaan Bergen menemukan tempat persembunyian kaum Trolls. Gara-gara Tuan Putri Kerajaan Troll yang bernama Poppy (Anna Kendrick) mengadakan pesta yang terlalu meriah hingga ke atas permukaan tanah, si Koki mendengar riuh ramai itu. Singkat cerita, beberapa Troll ditangkap dan membuat Poppy cemas. Apakah mungkin Poppy yang tak pernah jauh dari rumah apalagi mengenal buasnya dunia luar sanggup menyelamatkan kaumnya? Lalu apakah Branch akan semakin sinis melihat malapetaka yang ia ramalkan akan terjadi ini?

Trolls Movie Review

Anna Kendrick, (Lagi-lagi) si Penghidup Suasana

Tak salah Kendrick (Pitch Perfect, The Accountant) yang terkenal berbicara cepat, lugas sekaligus bersuara merdu ini didapuk menjadi voice cast utama. Bukan hanya membuat Poppy menjadi Troll paling riang, bawel, dan pintar, Kendrick juga sukses membuat Poppy menjadi si karakter pemberi energi. Ibaratnya, tanpa Poppy dalam sebuah adegan mirip minum susu tanpa gula. Tanpa Poppy, warna-warni keceriaan dalam film ini rasanya takkan maksimal.

Menemani Kendrick adalah Timberlake yang walau tak sebawel lawan mainnya, namun memberi dinamika untuk pengembangan karakter Poppy. Diplot sebagai Troll yang selalu sinis alias selalu berpikir negatif, Branch membuka wawasan Poppy bahwa walau semua makhluk berhak bahagia, banyak yang tidak tahu bagaimana caranya. Sebagai imbalan, Poppy tidak sengaja mengilhami Branch untuk menemukan kembali jalan bahagianya, yang ternyata tragis terenggut semenjak ia kecil.

Karakter-karakter pendukung lain juga tak kalah lucu dan menarik. Beberapa yang kami rasa layak untuk dipuji adalah Bridget, seorang pelayan Kerajaan Bergen yang disuarakan oleh Zoey Doeschanel ((500) Days of Summer) dan Creed, seorang Troll pecinta yoga yang disuarakan Russell Brand (Get Him to the Greek). Bukan hanya lucu dan menarik, keduanya juga diberi sub plot penting yang membuat penyelesaian konflik antara kaum Troll dan Bregen kian berwarna.

Trolls Movie Review

Ada Kendrick yang bersuara merdu dan Timberlake yang memanglah seorang musisi, kami pun puas menikmati bonus berikut; track demi track lagu yang keduanya nyanyikan di sini. Aransemen baru beberapa lagu hit lawas seperti The Sound of Silence (Simon & Garfunkel), True Colors (Phil Collins), dan September (Earth, Wind & Fire Song) diperdengarkan lewat adegan-adegan relevan yang membuat Trolls semakin mengena di hati kami. Tak ketinggalan, track pamungkas yang sudah seringkali diputar jauh sebelum Trolls dirilis, Can’t Stop the Feeling!, dijadikan track penutup sebuah ending yang sudah kami duga … pasti bahagia.

Aneh dan Imut Bersamaan

Secara visual, selain warna-warna serta letupan glitter yang meriah, sebenarnya Trolls tidaklah lebih baik dari film animasi keluaran Dreamworks (baca: Shrek, KungFu Panda) lainnya. Visualisasi karakter Trolls dan lansekapnya yang berkonsep simple alias tanpa melibatkan banyak atribut apalagi profil artistik, semakin menguatkan opini kami bahwa Trolls memanglah mengandalkan kekuatan warna dan pencahayaan untuk memanjakan mata penontonnya.

Tak mengapa, karena pemilihan fokus pada kedua aspek di atas memang sepertinya sudah dipertimbangkan masak-masak. Pasalnya, wujud asli Troll di dunia nyata tidaklah selucu yang MuviBlaster lihat di film ini. Berwajah mirip monster, akan lebih bijaksana jika rupa Troll versi film dibuat lebih polos namun dilengkapi dengan lebih banyak warna. Dan demikianlah eksekusinya, membuat kaum Troll terlihat aneh namun juga imut secara bersamaan. Barulah ketika mereka bernyanyi merdu dan menari lincah sambil melompat ke sana ke mari, hati penonton mulai dicuri perlahan.


Director: Mike Mitchell, Walt Dohrn

Cast: Justin Timberlake, Anna Kendrick, Russel Brand, Gwen Stefani, James Corden, Zoey Doeschanel

Duration: 93 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top