Connect with us
babydriver

Valerian and the City of a Thousand Planets Movie Review: A Superfluous Sci-Fi Showcase Which Lacks of Grounding in Many Aspects

Valerian and the City of a Thousand Planets Movie Review
Europa Corp

REVIEWS

Valerian and the City of a Thousand Planets Movie Review: A Superfluous Sci-Fi Showcase Which Lacks of Grounding in Many Aspects

This review contains mild spoilers

(2.5/5) 2.5 Stars

Banyaknya elemen fantasi membuat film terbaru Luc Besson (The Fifth Element, Lucy) ini notabene tampil ramai. Namun saking banyaknya, Valerian and the City of a Thousand Planets yang diadaptasi dari serial komik berjudul sama asal Perancis ini juga tampil tanpa jati diri yang meyakinkan. Ada elemen Star Wars, The Fifth Element tentunya, bahkan negeri utopia khas The Wachowkis (Cloud Atlas, Jupiter Ascending) diaduk jadi satu dalam premis 1,000 kota bermukim dalam sebuah planet bernama Alpha.

Tak kenal komiknya, kami akhirnya tahu bahwa Alpha adalah planet penuh warna dan cita rasa ilmiah karena dihuni begitu banyak spesies makhluk hidup, termasuk manusia. Namun, dalam film ini, kami menilai Alpha hanya tampil sebagai formalitas mengingat judulnya yang sudah terlanjur dinamakan demikian. Pasalnya, sebuah planet yang tak terdata bernama Mul justru tampil lebih indah, menjadi incaran sekaligus misteri dari konflik yang menimpa kedua karakter utama berikut sepanjang durasi; Mayor Valerian (Dane DeHaan) dan Sersan Lauraline (Cara Delevingne).

Planet Mul lenyap akibat terjangan kapal-kapal asing yang kalah bertempur di luar angkasa. Dikisahkan adalah seorang putri dari raja planet tersebut bernama Lihö-Minaa (Sasha Luss) melepaskan seluruh kekuatannya ke alam semesta yang tewas dalam insiden tersebut. Nun jauh di sana, Valerian yang sedang beristirahat di sebuah pantai virtual, menerima gelombang energi dari kekuatan sang putri. Selanjutnya, pikiran Valerian selalu tertuju pada sosok sang putri tersebut dan takdir pun membawa Valerian untuk memecahkan misteri planet Mul.

Valerian and the City of a Thousand Planets Movie Review

Namun, plot memecahkan misteri ini dihadang beberapa masalah serius; dinamika yang sebenarnya tidak rumit namun tersebar banyak dan tidak teratasi, membuat Valerian dan Laureline kesulitan mencetak gol karena harus berulang kali melakukan fokus pada target mereka. Ada beberapa insiden tak perlu yang melibatkan sejumlah cameo besar agar dianggap penting. Ada pula drama cinlok antara Valerian dan Laureline yang digarap picisan, membuat salah satu baper bergantian di saat-saat yang tak tepat.

Secara solo, Delevingne memberi penampilan lebih unggul ketimbang rekannya. Delevingne memiliki bakat komedik dan dramatis alami, membuat line-line penting sukses ia ucapkan sendirian. Sebagai wanita, Laureline miliknya juga memberikan penampilan sama tangguhnya dengan Valerian, membuat kami sempat berpikir Laureline lebih cocok diusung sebagai subjek utama. Bukan kami bermaksud mendiskredit fisik DeHaan yang mungil sebagai seorang pria, namun sepertinya DeHaan juga kesulitan memberikan jiwa pria sejati dalam diri Valerian, membuat karakter ini sulit mengungguli Laureline yang lebih berkarisma.

Wajar saja visualisasinya begitu indah mengingat betapa besar bujet produksi yang digelontorkan hingga membuat film yang turut dibintangi Kris Wu (The Mermaid, XXX: Return of Xander Cage) ini mendapat predikat film produksi Eropa termahal yang pernah dibuat. Sebuah film yang secara visual jelas menghibur, entah apa Valerian and the City of a Thousand Planets bisa menampik opini pamer efek visual mengingat durasinya yang terlampau panjang namun minus pengembangan karakter dan cerita yang berbobot, membuat kami ingin ikut sebentar relaks di kursi pantai bersama partners in crime yang menjadi pasangan sejoli di akhir cerita. Oops …  it’s a love story after all, isn’t it?


Director: Luc Besson

Cast: Dane DeHaan, Cara Delevingne, Rihanna, Clive Owen, Kris Wu, Sasha Luss, Ethan Hawke, Herbie Hancock

Duration: 137 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

PLAYING NOW

thorragnarok

To Top