Connect with us
thorragnarok

Veteran Movie Review: High Dose of Laugh and Tension Makes Veteran an as Good as Wacky Crime Chasing Flick

MUVIBLAST - movie website for movie enthusiasts, based in Indonesia. Movie reviews, movie review, film review, review film, movie trailer, movie trailers, trailer movie, movie news, coming soon movies, playing now movies, box office movies, indie movies, cinema movies, independent movies, japanese movies, korean movies, hollywood movies, asian movies

Home

Veteran Movie Review: High Dose of Laugh and Tension Makes Veteran an as Good as Wacky Crime Chasing Flick

Overall Rating: 4.0 Stars

Menyusul kesuksesan Berlin File (2013) yang banyak menuai pujian di kalangan internasional, sutradara bertangan dingin, Ryoo Seung Wan, melahirkan sebuah karya visual baru, yang tidak hanya kembali laris manis, namun juga merupakan salah satu terbaik film produksi Korea yang pernah kami tonton.

Seru, tegang, and suprisingly, kocak. Ya … film yang diberi judul singkat, Veteran, dengan cerdas membiarkan ketiga elemen ini berbaur satu sama lain dengan baik, minim dominasi yang menyebabkan ketiganya saling bentrok. Lebih jauh lagi, di tengah-tengah adegan tegang, selalu ada saja celah untuk menyuntikkan adegan komedi mengundang tawa.

Namun sebenarnya, kalau boleh jujur, sebenarnya premis yang ditawarkan Veteran tidaklah baru apalagi kompleks. Seperti film ber-genre crime thriller pada umumnya, Veteran juga menghadirkan karakter utama seorang penegak keadilan, lengkap dengan penjahatnya.

Namun, berbeda dengan film lainnya, karakter penegak keadilan di sini bak seorang Jackie Chan versi Korea. Dan penjahatnya pun tidak kalah gesit, dengan selera humor yang cukup aneh. Adalah  Seo Do Cheol, seorang polisi senior yang memiliki gaya unik, kocak, dan sedikit norak dalam menjalankan misinya. Namun, jangan salah, walau dengan gaya demikian, Do Cheol adalah petarung yang handal dan selalu bisa mengalahkan para penjahat, termasuk kelas kakap.

Sayang, kali ini, Do Cheol yang biasanya mulus membekuk penjahat, dibuat sangat kerepotan oleh ulah seorang taipan muda nan manja bernama Joo Tae Oh. Tae Oh yang dengan brilian diperankan oleh aktor Korea yang tengah naik daun, Yoo Ah In, adalah seorang kaya raya namun dengan emosi dan perangai yang sangat labil. Bak menghadapi anak muda yang tak tahu diri, Do Cheol pun harus memutar otak, mencari cara untuk membuat Tae Oh menyerah.

Pasalnya, gara-gara sebuah insiden yang menyebabkan seorang supir koma, reputasi Tae Oh berada dalam bahaya. Dengan kekuasaan dan taktik politik uang, Tae Oh berusaha untuk mencuci tangan dan menyuap pihak-pihak berkepentingan yang berpotensi menyulitkan posisinya. Alhasil, Do Cheol pun dibuat pusing, mengurai benang kusut guna mencari benang merah yang disembunyikan Tae Oh rapat-rapat. And the story goes …

Full of Tension, Full of Laugh, Full of Spirit

Sepanjang menonton, kami sungguh menikmati nyaris seluruh adegan yang disuguhkan. Menariknya lagi, kombinasi ketegangan dan kekocakan yang kami telah kemukakan di atas, ternyata memberikan energi tambahan yang membuat kami fokus kami sulit beralih.

Semenjak film dibuka dengan cukup kocak hingga suntikan ketegangan yang mulai memasuki tingkat keseruan di babak pertengahan, Veteran seakan memberi tanda bahwa ada sebuah adegan klimaks yang patut nanti di akhir film ini. Apakah betul demikian?

Veteran Movie Review

Sesuai dugaan, Veteran ditutup dengan faktor wow alias seru maksimal dan kocak maksimal. Walaupun ada cukup banyak adegan yang membuat kami merasa miris dan sedikit banyak bersumpah serapah dalam hati, tidak sedikit pula adegan kocak yang disisipkan di tengah-tengah luka lebam dan simbahan darah. Singkat kata, Veteran sukses menghadirkan keseimbangan berbagai genre yang sulit dicapai sebuah film.

Perfect Leading Men with Leading Factors

Selain pengarahan yang sangat baik, plot dinamis, dan naskah yang cerdas, Veteran banyak meninggalkan kesan berkat kedua aktor utamanya. Mirip Tom dan Jerry, Do Cheol yang diperankan oleh aktor senior, Hwang Jung Min, adalah rival yang seimbang untuk Tae Oh, dan sebaliknya.

Masing-masing dengan sangat baik mewakili dan menampilkan idealisme yang sungguh berbeda dari 2 kubu yang berlawanan. Walau sebenarnya bisa ditebak bahwa kebenaran-lah yang akan menang pada akhirnya, namun proses menuju akhir tersebutlah yang sebenarnya ingin dijadikan pesan dalam film ini.

Veteran Movie Review

Namun, tidak melulu pesan semacam ini disampaikan secara serius. Buktinya, Veteran mampu menyampaikannya dengan kocak. Ditambah dengan para kolega Do Cheol yang tidak kalah heboh dalam beraksi; Miss Bong (Jang Yoon Ju), dan Kapten Oh (Oh Dal Suh), serta istrinya yang kerap bermulut tajam namun selalu ada benarnya, misi serius ini dengan mudah dilaksanakan.

Seperti yang sering dikatakan oleh Gu Jun Pyo, jika permintaan maaf saja cukup untuk menyelesaikan masalah, buat apa hukum dibuat dan ditegakkan? Jika memang permintaan maaf saja cukup, maka Tae Oh dengan senang hati mengucapkan seribu kata maaf walau tanpa satupun niat tulus. Kalau sudah begini, seorang veteran sejati seperti Do Cheol tidak akan pernah bisa tinggal diam.

Tengah menjadi film ke-7 terlaris dalam sejarah perfilman Korea, MuviBlaster beruntung bisa menyaksikan film ini di layar lebar Indonesia. Persembahan Jive Entertainment, Veteran siap dinikmati mulai 23 September 2015 di jaringan CGV Blitz, Cinemaxx Theater dan Platinum Cineplex seIndonesia.

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top