Connect with us
thorragnarok

War for the Planet of the Apes Movie Review: Caesar Is at All His Best; the Most Emotional, the Most Humane, the Wisest

War for the Planet of the Apes Movie Review
20th Century Fox

REVIEWS

War for the Planet of the Apes Movie Review: Caesar Is at All His Best; the Most Emotional, the Most Humane, the Wisest

This review contains no spoilers

(4/5) 4.0 Stars

Seperti ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Peribahasa ini cocok untuk sosok raja simpanse, Caesar (Andy Serkis), yang semakin dewasa juga semakin berpostur tegak. Caesar, si simpanse spesial, bukan hanya secara fisik semakin mirip manusia, namun juga kecerdasan, emosi, dan tingkah lakunya. Ia semakin mahir membaca situasi, mengendalikan diri, serta memimpin bijak rakyatnya yang kini terancam punah.

War for the Planet of the Apes adalah kelanjutan dari jilid Rise (2011) dan Dawn (2014) yang notabene memberi harapan bahwa kera dapat hidup berdampingan dengan manusia, terlepas ironi kera dianggap sebagai biang keladi tersebarnya virus ALZ-113 AKA Flu Simian yang membunuh spesies tertinggi dalam jajaran makhluk hidup itu. Namun ironi ini tak dapat disingkirkan begitu saja, mengakibatkan kera dan manusia berseteru, memukul balik para kera ke hutan. Kemudian, di hutan, Caesar dan rakyatnya belajar bahwa kedamaian adalah kemewahan yang harus dibayar mahal. Mereka justru semakin diincar manusia, bahkan dikhianati bangsanya sendiri; sesama kera yang rela menjadi pengecut daripada mati terhormat.

Sekilas demikianlah premis yang ditawarkan dalam jilid War, namun Matt Reeves yang sudah membesarkan franchise ini sejak Rise tak serta merta naif dan sombong menyajikan panggung peperangan megah. Bertajuk War, perang itu memang ada dan sinematografinya pun indah. Berita baiknya lagi, perang ini dibangun di atas pondasi emosi dan moral yang beralasan, membuat peperangan ini bukan karena ulah ceroboh maupun keegoisan salah satu pihak. Strategi ini juga sangat berguna untuk membangun karakter Caesar menjadi kian matang, bijaksana. Seorang pemimpin sekaligus seorang ayah, Caesar digambarkan tak gegabah mengambil keputusan. Nila setitik, rusak susu sebelangga. Caesar tahu setiap keputusan memiliki dampak. Tinggal ia memilih, dampak seperti apa yang ingin ia pilih jika ingin melindungi rakyat dan mereka-mereka yang ia sayangi.

Tensi jilid War ini juga terjaga dengan baik. Temponya konsisten, jalan ceritanya pun rapi walau terus-menerus memberikan gejolak emosi. Adegan demi adegan bak fase demi fase yang walau tak nyaman, harus dilalui untuk sebuah tujuan. Ada elemen kasih sayang, persahabatan, dan solidaritas serta moral perbuatan yang harus ditiru manusia. Karena, jika kera saja bisa seakur Caesar, Luca (Michael Adamthwaite), Maurice (Karin Konoval), dan Rocket (Terry Notary), sudah pasti ada yang salah dengan pola pikir manusia jaman sekarang.

War for the Planet of the Apes Movie Review

Karakter paling dominan tentu saja si Caesar yang secara raga semakin tegap dan secara jiwa semakin berwibawa. Relasinya dengan Luca, Maurice, dan Rocket juga semakin berkembang dan diplot seimbang, ibarat Empat Sekawan dalam dunia kera. Semakin menarik karena keempatnya ditantang menjadi kera manusiawi ketika dihadapkan pada seorang anak perempuan tuna rungu yang diberi nama Nova (Amiah Miller). Siapakah sosok anak ini dan sebesar apa perannya dalam melancarkan misi Caesar cs merebut hak damai mereka dari tangan manusia?

Soal manusia, kami acungi jempol untuk Woody Harrelson (Zombieland, The Hunger Games) yang sukses menjiwai karakternya sebagai The Colonel yang kejam namun juga labil. Tunggu sampai MuviBlaster mengetahui alasan di balik tindakan kejamnya pada Caesar cs, alasan yang membuat Caesar berpikir ulang tentang jati dirinya selama ini. “Maurice was right. I am like Koba.” Terlepas apakah Caesar benar-benar mirip Koba atau tidak, terlepas fakta bahwa ia adalah seekor binatang, emosi Caesar adalah emosi manusia pada umumnya, yang harus dikendalikan jika tak mau memberi dampak buruk pada aspek kemanusiaan.

Dianggap sebagai direct reboot untuk Battle of the Planet of the Apes (1973), konsep War memang berjalan di jalur yang sama, bahwa manusia dan kera ingin membangun sebuah era baru. Apakah mereka hidup berdampingan, sebuah perang harus terlebih dahulu pecah agar kedua spesies ini dapat memahami esensi dari simbiosis itu sendiri. Tinggal pertanyaannya, siapakah gerangan yang beruntung selamat dari perang dan menikmati era ini nanti?


Director: Matt Reeves

(Voice) Cast: Andy Serkis, Michael Adamthwaite, Karin Konoval,Terry Notary, Toby Kebbell, Judy Greer, Steve Zahn, Sara Canning, Ty Olsson, Amiah Miller, Woody Harrelson

Duration: 140 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

25.10.17

thorragnarok

To Top