Connect with us
TombRaider

Wonder Movie Review: When Auggie Copes with His Social Anxiety and Becomes Inspirational, He’s Beyond Normal

Wonder
Lionsgate

REVIEWS

Wonder Movie Review: When Auggie Copes with His Social Anxiety and Becomes Inspirational, He’s Beyond Normal

This review contains no spoilers

(4/5) 

Kami membaca novel cetakan pertama kalinya di tahun 2012 akibat penasaran dengan soft cover berwarna dasar biru langit yang melatari goresan bentuk wajah bocah bermata satu itu. Semakin penasaran ketika sinopsis di belakangnya sama sekali tidak memberi petunjuk seberat apa masalah yang dialami si Auggie. Singkat kata, kami familiar dengan kisah Wonder dan sangat senang ketika akhirnya dapat menyaksikan visualisasi Auggie dalam wujud Jacob Tremblay (Room), mewakili hari demi hari berat Auggie bak sosok ini benar ada.

Wonder dengan mudah memenangkan hati publik, karena baik di atas kertas maupun di layar, kisah fiktif Auggie menjalani kehidupan sosial dengan wajah abnormalnya sangat mungkin terjadi. Yang menjadi pembeda adalah ketika Auggie memiliki keluarga suportif, baik secara mental maupun finansial, sedangkan banyak dari mereka yang tidak. Namun apa daya, walau keluarganya sanggup membiayai 27 kali operasi rekonstruksi, wajah Auggie tetap tak bisa normal. Ia pun hanya bisa hidup nyaman di balik helm astronot dan kostum Halloween. Namun sampai kapan Auggie harus hidup demikian? Siapa yang berhak memutuskan atas hidup bocah berusia 10 tahun ini?

Wonder

Walau tema besar yang diangkat Wonder adalah mengenai kelainan wajah, Wonder turut mengajak penonton untuk mempertimbangkan jenis kelainan lain yang dialami anak-anak, seperti down syndrome yang notabene lebih parah. Namun Wonder jadi lebih menarik ketika Auggie bukanlah anak keterbelakangan mental yang harus dimasukkan ke Sekolah Luar Biasa (SLB). Wonder justru mengajak Auggie mengatasi rasa takutnya dengan cara menghadapi dunia luar yang ia kira normal, memperlihatkan Auggie bahwa dunia juga memiliki cacat, bahkan lebih buruk dari wajahnya itu.

Dalam kasus Wonder, si penulis, R.J Palacio mengajak publik untuk memahami pergumulan yang dialami Auggie dari sudut pandang seorang yang normal. Wajah Auggie boleh cacat namun cara berpikirnya normal, bahkan cenderung dewasa. Ia peka, ia tahu mana yang benar-benar tulus dan yang hanya berani bicara jelek di belakangnya saja. Hingga ia akhirnya dibuat kecewa oleh Jack (Noah Jupe). Bukan salah Auggie jika ia akhirnya merasa memiliki seorang sahabat. Pasalnya, Jack memang berperangai demikian. Ia menghabiskan waktu bermain dan belajar bersama Auggie, membela Auggie dari ledekan teman-teman lain. Pasti ada alasan kuat mengapa Jack akhirnya membuat Auggie kecewa.

Julia Roberts, Owen Wilson, dan Isabela Vidovic yang bermain menjadi keluarga inti memberikan usaha terbaik agar Auggie tak pernah merasa ditinggalkan. Masing-masing memiliki porsi seimbang dalam membuat mental Auggie kembali up setelah berkali-kali down oleh berbagai macam situasi. Roberts memainkan sosok ibu penyayang, sabar namun tegas sedang Wilson menjadi sosok ayah yang easygoing dan selalu dapat diandalkan. Ivadovic memainkan perannya sebagai seorang kakak yang pengalah walau ia sendiri menyimpan pergumulan yang tak kalah berat dari si adik.

Tremblay lagi-lagi memainkan sosok yang adorable walau wajahnya jauh dari wajah aslinya yang imut itu. Lewat dialog dan gerak-gerik, Tremblay sukses memancarkan emosi si Auggie yang serba spontan. Ia senang ketika senang, kesal ketika kesal, tak ragu menyampaikan keberatan jika ada sesuatu yang ia nilai tak wajar. Sosok Auggie dengan mudah menjadi inspirasi bagi orang tua yang berpengalaman serupa namun hendak menyerah. Auggie juga menjadi inspirasi bagi para pelaku pendidikan agar memandang setiap murid lewat kacamata yang adil. Wujud dan bakat mereka boleh berbeda namun mereka berhak mendapat kesempatan berprestasi yang sama. Go, go Auggie!


Director: Stephen Chbosky

Cast: Jacob Tremblay, Julia Roberts, Owen Wilson, Izabela Vadovic, Mandy Patinkin, Noah Jupe

Duration: 113 mins


 

Leave Comments Below
Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

RECENTLY WATCHED

COMING SOON

To Top